Perhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

Friday, August 11, 2017

KETA'ATAN KEPADA ALLAH


فِيْ الطَاعَاتِ أِلَى اللّٰهُ


ketahuilah bahwa sesungguhnya perintah - perintah ALLAH SWT itu terbagi dua, pertama wajib (fardhu) kedua sunnah (nawafil). perintah yang wajib adalah modal pokok yang sama sekali tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apa pun, dengan melakukannya perdagangan akhirat mu akan berjalan dan dengannya pula engkau akan mendapatkan keselamatan dan terhindarlah dari segala bahaya. adapun sunnah adalah ibadah plus atau amal tambahan, dengan menjalankannya engkau akan memperoleh ke beruntumgan dan engkau akan meraih derajat-derajat yang tinggi di sisi ALLAH S W T. disebutkan didalam hadis qudsi: 

ماتقرّب إليّ المتقرّبون بمثل أداء ماافترضت عليهم ولا يزال العبد يتقرّب إليّ بالنّوافل حتّى أحبّه، فإذا أحببته كنت سمعه الّذي يسمع به،وبصره الّذي يبصربه، ولسانه الّذي ينطق به، ويده الّتي يبطش بها ورجله الّتى يمشى بها


artinya: 
RASULULLAH S A W bersabda, 'ALLAH S W T berfirman," amal ibadah hambaku yang paling cepat mendekatkannya kepadaku adalah amal ibadah wajib yang telah aku wajibkan atas mereka, dan jika hambaku selalu mendekatkan diri kepadaku dengan berbagai amal sunnah maka aku akan mencintainya, maka ia akan mendengar dengan kekuatan pendengaranku, dia akan melihat dengan kekuatan penglihatanku, dia akan berbahasa dengan kekuatan firmanku, dia akan menggerakan tangannya sesuai dengan keridhoanku dan kakinya pun akan melangkah dengan kekuatan dari ku." 

dalam riwayat imam bukhari:"tidaklah seorang hamba mendekatkan diri kepadaku dengan sesuatu keta'atan yang lebih aku sukai dari pada melakukan apa-apa yang aku wajibkan atasnya."

termasuk dalam lafadz ini adalah semua amal yang fardhu 'ain dan fardhu kifayah dan juga meliputi fardhu-fardhu yang zahir seperti shalat shalat, zakat dan ibadat-ibadat lainnya di samping meninggalkan perbuatan-perbuatan yang diharamkan seperti zina dan pembunuhan, dan perbuatan batin seperti mengenal allah dan cinta karena allah, bertawakal kepadanya serta takut kepadanya.

yang dimaksud nawafil adalah amalan-amalan sunah yang dilakukan setelah mengerjakan amlaan fardhu , bukan dengan meninggalkan amalan fardhu.alhasil , siapa yang berijtihad mendekatkan diri kepada ALLAH S W T dengan amalan-amalan fardhu dan dibarengi dengan nawafil, maka ALLAH S W T akan dekat kepadanya dan mengangkatnya sampai derajat ihsan sehingga ia beribadat kepada ALLAH S W T diseertai kehadiran hati dan kerinduan kepada ALLAH S W T hingga menyaksikan ALLAH S W T dengan mata hatinya seakan-akan ia melihat ALLAH S W T 

orang yang demikian saat itu, hatinya dipenuhi dengan makrifat dan kecintaan kepadaNYA.kemudian kecintaan kepada allah akan bertambah sampai tidak tersisa lagi di dalam hatinya selain itu.

ada pula makna yang lebih rendah dari itu yaitu ia tidak mendengar kecuali sebutan namaku , dan tidak merenungkan kecuali kejaiban - keajaiban dari kerajaanku , tidak menikmati kecuali pembacaan kitab ku , tidak merasa senang kecuali bila bermunajat dengan ku , tidak mengulurkan tangannya kecuali dengan sesuatu yang menimbulkan ridhoku dan tidak berjalan dengan kakinya kecuali dalam menta'atiku.

anggota-anggota tubuhnya tidak bekerja kecuali dengan persetujuan hatinya. apa yang dikatakan tidak menyisakan didalam hatinya selain ALLAH tuhan semesta alam. yakni makrifatullah -cinta allah dan sebutannya-

wahai saudaraku yang gemar menuntut ilmu dan ingin dekat dengan ALLAH SWT kecuali setelah engkau mampu menjaga hatimu dan anggota badanmu dari kelalaian kepadanya didalam setiap waktu, engkau tidak akan sampai ke tingkat ihsan yang wujudnya adalah mengerjakan perintah-perintah ALLAH SWT dengan mengawasi hati dan anggota tubuhmu dengan kedipan-kedipan matamu dan nafas-nafasmu dari pagi sampai sore. DIAlah TUHAN yang menggenggam langit dan bumi dengan segala isinya. DIA mengetahui pandangan mata yang khianat dan apa yang tersembunyi dalam dada serta mengetahui yang rahasia dan yang lebih tersembunyi.

ibnu abbas berkata :"rahasia adalah apa yang engkau rahasiakan didalam hatimu. sedang rahasia yang tersembunyi yang dimasukan ALLAH SWT didalam hatimu dari jauh dan engkau tidak mengetahui bahwa engkau akan mengatakannya didalam hatimu. karena engkau tidak mengetahui apa yang engkau rahasiakan hari ini dan tidak tahu apa yang engkau rahasiakan besok sedangkan ALLAH mengetahui apa yang engkau rahasiakan besok sedangkan ALLAH mengetahui apa yang engkau akan rahasiakan hari ini dan apa yang engkau rahasiakan besok."

seorang ulama berkata: "apabila ahli ibadah selalu mengucapkan zikir ALLAHU SYAHIDII (ALLAH menyaksikan aku) , ALLAHU HADHIRII (ALLAH menghadiri aku), maka ALLAH SWT akan membantunya untuk melakukan muroqobah tersebut.

apabila engkau menginginkan muroqobah kepadaNYA , maka ketahuilah bahwa ALLAH SWT mengetahui isi hatimu dan mengawasi lahir dan batinmu serta mengetahui dengan sempurna semua pandangan dan bisikan hatimu , langkah-langkahmu , seluruh diammu dan gerakamu dalam hal maksiat atau ketaatan kepadaNYA.



0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html