Wednesday, November 30, 2016

surat-surat jawaban imam al ghazali



SURAT-SURAT (JAWABAN) IMAM AL-GAZHALI
BISMILLAHIRROHMANNIRROHIIM..
1. WAHAI ANAKKU, semoga Allah mengaruniakan kepadamu umur yang panjang untuk engkau gunakan melakukan kekuatan kepada-Nya dan semoga mengilhami kepadamu tentang jalan para kekasih-Nya. Sesungguhnya nasehat itu ditulis dari sumbernya, Muhammad saw. Jika telah sampai kepadamu suatu nasehat yang bersumber dari Rasulullah, apa perlunya engkau minta nasehat kepadaku? Jika belum menerima dari Rasul maka katakan kepadaku. Apa yang engkau perolrh pada waktu-waktu yang silam?.
2. WAHAI ANAKKU, dari sejumlah nasehat-nasehat yang telah disampaikan Rasulullah saw. Kepada umatnya ialah sabda beliau :
عَلاَ مَةُ اِعْرِاضِ اللهِ عَنِ الْعَبْدِ اِسْتِغَالُهُ ِبمَا لَايَعْنِيْهِ وَاِنَّ امْرَأً ذَهَبْت سَاعَةٌ مِنْ عُمْرِهِ فِى غَيْرِمَا خُلِقَ لَهُ لَجَدِيْرٌ اَنْ تَطُوْلَ عَلَيْهِ حَسَرَتُهُ وَمْن جَاوَزَ اْلَارْبَعِيْنَ وَلَمْ يَغْلِبْ خَيْرُهُ شَرَّهُ فَلْيَتَجَهَّزْ اِلىَ النَّارِ.

tanda-tanda kebencian allah terhadap seseorang ialah apabila ia menyia-nyiakan waktu dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna. sesungguhnya orang yang kehilangan satu jam dari umurnya dalam perbuatan yang tidak diperuntukan kepada-NYA. maka patutlah ia akan lama mengeluh, barang siapa yang umurnya lebih dari empat puluh tahun, sedang kebaikannya tidak mengungguli kebaikkannya maka bersiaplah untuk pergi ke neraka.
nasihat itu cukup mengingatkan hati bagi orang yang berpengetahuan.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html