Saturday, September 17, 2016

tentang keutamaan hari ke 10 muharram


al faqih abu laits al samarqandi meriwayatkan dengan sanadnya dari ibnu abbas r.a , rasulullah saw  bersabda "barang siapa puasa pada hari asyura (tanggal 10) muharram allah swt akan memberikan 10000 ribu pahala malaikat , 10000 ribu pahala ibadah haji dan umrah . 1000 pahala para syuhada dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada tanggal 10 muharam pasti allah swt akan mengangkat derajatnya dengan setiap rambut yang diusap. dan barang siapa yang memberi buka orang yang berpuasa asyura pahalanya sama dengan mengenyangkan perut ummat nabi muhammad saw seluruhnya. sahabat bertanya " apakah yang menyebabkan allah melebihkan hari asyura dari yang lainnya ya rasulullah ? jawab beliau karena dihari itulah allah swt menciptakan langit dan bumi, gunung,lautan , lauh-lauh, qalam dan manusia yaitu adam dan hawa juga serta memasukan adam ke surga demikian pula lahirnya ibrahim dan diselematkannya dari kobaran api raja namrud pada hari asyura lalu tenggelamnya firaun juga pada hari asyura , nabi ayub disembuhkan penyakit tahunannya pada hari asyura , nabi adam diterima taubatnya pada hari asyura , nabi daud diampuni dosanya pada hari asyura dan nabi sulaiman dipulihkan kerajaannya pada hari asyura dan terakhir segala hari (terjadinya) hari kiamat pada hari asyura.(alhadis)
alfaqih meriwayatkan dengan sanadnya dari ikrimah, ia berkata " asyura ialah hari diterimanya taubatnya nabi adam as, dan mendaratnya perahu nabi nuh as, lalu ia bersyukur kepada allah dan berpuasa dan dihari itu pula fir'aun tenggelam dilaut merah yang dibelah dengan tongkat musa as, lalu bani israil dianjurkan berpuasa, maka dari situlah jika kau mampu berpuasa , maka puasalah pada hari asyura."
al faqih meriwayatkan dengan sanadnya dari muhammad maisarah, ia berkata :" orang yang dihari asyura melapangkan keperluan keluarganya / keperluan belanja keluarganya , pasti allah melapangkan rezekinya selama satu tahun, hal ini telah dibuktikan kebenarannya secara nyata oleh sufyan.
dari said jubair berkata ibnu abbas r.a :"sewaktu nabi saw baru hijrah ke madinah , beliau melihat yahudi puasa dihari asyura , lalu bertanya kepada mereka , jawab mereka " pada hari ini allah memenangkan musa dan bani israil terhadap fir'aun dan bala tentaranya , maka patutlah kami mengagungkannya dengan berpuasa. kemudian beliau bersabda :"kamilah yang lebih patut mengikuti jejak musa dari pada kamu, dan beliau saw menganjurkan para sahabat melakukan puasa."(alhadis)

al faqih dalam keterangannya :"disebut asyura karena persis hari kesepuluh bulan muharram , tetapi menurut pendapat lain :"disebut demikian karena para nabi dimuliakan dengan 10 kehormatan yaitu :
  1. diterimanya taubat nabi adam a.s
  2. diangkatnya derajat nabi idris a.s
  3. mendaratnya kapal nabi nuh a.s
  4. dilahirkan dan dilantiknya nabi ibrahim selaku khalilullah serta diselamatkannya dari kobaran api namrud.
  5. diterimanya taubat nabi daud a.s
  6. diangkatnya nabi isa a.s kelangit
  7. diselamatkannya nabi musa a.s
  8. ditenggelamkannya fir'aun
  9. dikeluarkannya nabi yunus a.s dari dalam perut ikan
  10. dikembalikannya kerajaan nabi sulaiman a.s
dan ada lagi pendapat lain tentang hari asyura karena adanya 10 kehormatan bagi ummat nabi muhammad s.a.w , yaitu :
  1. bulan rajab dijadikan bulan kemuliaan ummat ini , melebihi ummat lainnya
  2. bulan sya'ban dijadikan bulan kemuliaan nabi muhammad melebihi nabi-nabi lainnya.
  3. bulan ramadhan , melebihi keutamaan bulan lainnya, sebagaimana allah s.w.t mengungguli semua makhluknya 
  4. malam lailatul qadar melebihi 1000 bulan dalam kebaikannya
  5. hari raya idul fitri sebagai hari pembalasan berpuasa
  6. hari-hari pertama hingga 10 dzulhijjah adalah hari berdzikir kepada allah
  7. berpuasa dihari arafah dapat menebus dosa selama 2 tahun yakni 1 tahun sebelum dan 1 tahun sesudahnya
  8. hari raya idul adha adalah hari kurban
  9. hari jumat adalah hari paling mulia diantara semua hari 
  10. berpuasa dihari asyura dapat menebus dosa selama 1 tahun.
setiapnya adalah suatu kemuliaan dari allah s.w.t yang diberikan kepada ummat nabi muhammad s.a.w demi tertebusnya dosa dan kebersihan mereka.
hisyam urwah dari aisyah berkata : masyarakat quraisy sudah terbiasa melakukan puasa hari asyura sejak zaman jahiliyah , demikian pula nabi s.aw. melakukan puasa sejak di makkah hingga ke madinah sesudah hijrah lalu sabda beliau :
"dulu aku pernah memerintahkan kalian berpuasa asyura dengan wajib sekarang terserah kepada kalian siapa saja yang melakukannya boleh dan yang tidak juga boleh saja (berarti ada perubahan hukum dari wajib menjadi sunnah). alhadis
aisyah berkata : hari asyura ialah tanggal 9 muharram dan pendapat lain mengatakan tanggal 11 muharram tetapi umumnya tepat pada tanggal 10 muharram dan sunah melakukan puasa pada tanggal 9 muharram.

doa hari asyura 

اَللّٰهُمَّ يَامُفَرِّجَ كُلِّ كَرْبِ وَّ يَامُخْرِجَ ذِي النُّوْنِ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ . وَيَاجَامِعَ شَمْلِ يَعْقُبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ وَيَاغَافِرَذنْبِ دَاوُدَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ . وَيَاكَاشِفَ ضُرٍّ اَيُّوْبَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ . وَيَاسَامِعَ دَعْوَةِ مُوْسٰى وَ هَرُوْنَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ . وَيَاخَالِقَ رُوْحِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُوْرَآءَ . وَيَارَحْمٰنَ الدُّنْيَاوَالْأٰخِرَةِ وَ اَطِلْ عُمْرِيْ فِيْ طَاعَتِكَ وَ مَحَبَّتِكَ وَ رِضَاكَ يَآاَرْحَمَ الرّٰحِمِيْنَ وَاَحْيِنِيْ حَيَاةً طَيِّبَةً وَّ تَوَ فَّنِيْ عَلَى الْإِسْلَامِ وَالْإِيْمَانِ يَآ اَرْحَمَ الرّٰ حِمِيْنَ وَ صَلّٰى اللّٰهُ عَلٰى اٰلِهٖ وَ صَحْبِهٖ وَ سَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
 
admin juga sekalian mau mengingatkan dan juga sekalian menambahkan pada bulan muharram ini kita juga akan memperingati tahun baru hijriah untuk memperingatinya kita bisa banyak berdoa kepada allah s.w.t agar membedakan antar ummat islam dengan orang kafir dalam memperingati tahun baru masing-masing .inilah doa-doanya :
doa akhir tahun dibaca pada akhir waktu asar pada tanggal 29 atau 30 bulan zulhijjah sebanyak 3 kali , dengan izin s.w.t  orang yang berdoa pada akhir tahun dengan doa ini akan mendapatkan perlindungan allah s.w.t dari fitnah dan tipu daya setan serta juga akan mendapatkan pengampunan dari semua dosa setahun yang lalu , berikut ini doanya :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . وَ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَ مَوْلٰنَامُحَمَّدٍ وَّ عَلٰٓى اٰلِهٖ وَ صَحْبِهٖ وَ سَلَّمَ . اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَ حَمِلْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِٓيْ اِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَاِنِّٓيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرلِيْ وَ مَاعَمِلتُ فِيْهَامِمَّاتَرْضَاهُ وَوَعَدْتَّنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْاَلُكَ . اَللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَاالْجَلٰلِ وَالْاِ كْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَآئِيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ . وَ صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّ عَلٰٓى اٰلِهٖ وَ صَحْبِهٖ وَ سَلَّمَ
  shalawat serta salam kesejahteraan kepada penghulu kami nabi muhammad s.a.w serta kepada ahli keluarganya dan kepada para sahabatnya . ya allah wahai tuhan ku , apa yang telah aku lakukan dalam tahun ini dari pada perkara-perkara yang engkau cegah aku melakukannya dan aku belum bertaubat dari padanya sedangkan engkau tidak ridho dan tidak melupakannya , dan aku telah melakukannya didalam keadaan dimana engkau berupaya untuk menghukumku, tetapi engkau telah mengilhamkanku dengan taubat selepas keberanianku melakukan dosa-dosa itu semuanya. sesungguhnya aku memohon keampunanmu, maka ampunilah aku. dan tidaklah aku melakukan yang demikian itu dari pada apa yang engkau ridhoinya dan engkau menjanjikanku dengan pahala atas yang demikian itu . maka aku memohon kepada mu.
ya allah wahai tuhanku tuhan yang maha pemurah , tuhan yang maha agung tuhan yang maha mulia , terimalah taubat dariku dan janganlah engkau menghampakan harapanku kepadamu wahai tuhan yang maha pemurah. dan shalawat serta salam kesejahteraan kepada penghulu kami nabi muhammad s.a.w serta kepada ahli keluarganya dan kepada para sahabatnya .

setelah itu membaca doa awal tahun setelah mengerjakan shalat rawatib ba'diyyah maghrib pada malam tanggal 1 muharram , fadilah doa awal tahun ini adalah membentengi diri dari gangguan syetan dan allah s.w.t memerintahkan dua malaikat untuk melindunginya dari fitnah dan tipu daya setan selama setahun berjalan. cara membaca doa ini di ulang sebanyak 3 kali ., inilah doanya :
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلّٰى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَامُحَمَّدٍوَّعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلَّمَ . اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ وَ عَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَ هٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ نَسْأَ لُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ وَ اَوْ لِيَٓائِهِ وَ جُنُوْدِهٖ وَ لْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّٓوْءِ وَ لْإِ شْتِغَالَ بِمَايُقَرِّبُنَآ اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَاالْجَلٰلِ وَ الْإِ كْرَامِ يَٓااَرْحَمَ الرّٰحِمِيْنَ . وَصَلّٰى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَامُحَمَّدٍوَّعَلٰى اٰلِهٖ وَصْحَبِهٖ وَسَلَّمَ . اٰمِيْنَ

shalawat serta salam kesejahteraan kepada penghulu kami nabi muhammad s.a.w serta kepada ahli keluarganya dan kepada para sahabatny. ya allah engkaulah tuhan yang kekal abadi selama-lamanya engkaulah permulaan, kelebihanmu maha besar dan kemurahanmu sangat-sangat diharapkan. tibalah sudah tahun baru, kami mohon kepadamu agar terpelihara kami sekalian didalam tahun baru ini dari pada syetan-syetan yang terlaknat juga daripada anak buah syetan dan bala tentaranya , dan kami mohon daripadamu akan pertolongan mengalahkan nafsu amarah nafsu yang mendorong kepada kejahatan , kami mohon kepadamu juga ya allah akan rasa sedia untuk berbuat amal sholih yang dapat mendekatkan kami kepadamu . ya allah tuhan yang maha agung lagi maha mulia ya allah tuhan sebaik-baiknya mencurahkan rahmat 
baca juga artikel yang lainnya BAB SHALAT

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html